FIRST Journey [Part 1: Aplikasi (Maret – 15 April 2011)]

Apa itu FIRST

FIRST adalah singkatan dari Fulbright Indonesia Research, Science and Technology, salah satu program beasiswa yang ditawarkan Fulbright yang untuk di Indonesia berada dibawah naungan American Indonesian Exchange Foundation (AMINEF). Program ini sering disebut juga Fulbright Master of Science and Technology Innitiative Degree Program. Secara garis besar program Fulbright terbagi menjadi dua, Fulbright DIKTI yang memang disponsori oleh DIKTI dan Fulbright Non-Dikti/Reguler. Fulbright DIKTI memang ditujukan untuk staf/pengajar perguruan tinggi di Indonesia sedangkan yang reguler, siapa saja asal memenuhi syarat boleh mendaftar. Karena saya bukan staf/pengajar perguruan tinggi, dan kurang tahu tentang program Fulbright-DIKTI, di blog ini hanya akan merujuk ke program Fulbright Non-DIKTI.

Untuk program master, Fulbright menawarkan 3 program

Aplikasi

Aplikasi untuk program master fulbright biasanya dibuka sekitar bulan Februari dan ditutup sekitar tanggal 15 April tiap tahun. Karena saya berniat untuk mengambil bidang studi Computer Science, saya mengambil program yg Science and Technology.

Dari awal di website Fulbright tertulis “Preference will be given to applicants who serve as faculty members of state and private institutions of higher education in Indonesia. However, others who are not lecturers may apply”. Jadi Fulbright tetap mengutamakan pelamar dari perguruan tinggi, namun tidak perlu putus asa karena selain staff perguruan tinggi juga punya kesempatan. Ada beberapa penerima beasiswa Fulbriight yang bekerja di instansi pemerintah, LSM, perusahaan swasta dan bahkan fresh graduate.

Syarat untuk aplikasi program master relatif sama (kecuali untuk program Fulbright-Freeport yg sedikit lebih mudah) diantaranya GPA min 3.0 serta nilai tes bahasa inggris TOEFL ITP min 550 atau TOEFL iBT min 80 atau IELTS min 6.0. Dokumen yang dikumpulkan juga relatif simpel, hanya form aplikasi, 1 buah referensi, 1 halaman study objective, transkrip ijasah dan nilai serta fotokopi identitas diri (KTP/paspor). Untuk dokumen aplikasi dan format referensi bisa didownload dari website AMINEF.

Form aplikasi yang diisi relatif simple jida dibandingkan form aplikasi beasiswa lain, hanya 4 halaman. Isiannya diantara lain tentang Personal Information, Personal Information, Academic History, Distinctions/Honors, Test Scores, Professional History, Social and Community Involvement, Research Projects Completed, & Publication. Saya sendiri hanya mengisi yang perlu-perlu saja, beberapa saya kosongi  spt di bagian Community Involvement.

Referensi yang dibutuhkan cuma satu, relatif mudah daripada beasiswa lain yang mungkin butuh dua atau tiga referensi. Saya sendiri meminta referensi ke dosen pembimbing skripsi saya dulu di STIS, pak Muchammad Romzi. Kebetulan beliau juga punya background tentang computer science, dan saya juga cukup dekat dengan beliau.

Bagian yang paling penting lainnya adalah study objective, hanya 1 halaman, namun ini bisa jadi penentu kita diterima atau tidak. Biasanya study objective berisi background kita, bagaimana program yang akan kita ambil cocok dengan background kita, kenapa kita harus mengambil program itu di US, dan apa yang akan kita kerjakan setelah selesai program dan balik ke Indonesia. Karena study objective ini adalah salah satu yang terpenting, buat study objective semenarik mungkin yang membuat reviewer yakin kalau kita memang layak menerima beasiswa. Yakinkan bahwa kalau kita mendapat beasiswa, Indonesia akan mendapatkan great benefit dari kita sebagai feedback nya.

AMINEF sendiri sebenarnya sudah membuat guideline tentang study objective ini. Bisa di lihat di http://www.slideshare.net/mfeldyriza/aminef-study-objective-9773776 . Berikut ini salah satu contoh study objective Fulbright yang bagus dari mas Panji https://panjifh.wordpress.com/2012/02/04/my-study-objectives/

Setelah semua dokumen siap, bisa dikirimkan ke kantor AMINEF via pos atau datang langsung. Saya dulu memilih untuk mengantar langsung karena saya berada di Jakarta. Kantor AMINEF terletak di menara CIMB Niaga Plaza di Jalan Jend. Sudirman. Di kantor AMINEF telah tersedia kotak dropbox untuk aplikasi Fulbright. Kita tinggal memasukkan aplikasi kita ke kotak tersebut. Setelah itu bisa istirahat untuk menunggu pengumuman apakah kita lolos tahap selajutnya atau tidak. Pengumumannya biasanya sekitar bulan Juni atau Juli.

bersambung…

______________________________________________________

Disclaimer: semua tulisan dan informasi pada blog ini merupakan pengalaman saya pribadi, masing-masing orang bisa melalui pengalaman yang berbeda dalam memperoleh beasiswa yang sama. Tulisan ini bukan informasi formal dari lembaga pemberi beasiswa AMINEF maupun Fulbright.

11 thoughts on “FIRST Journey [Part 1: Aplikasi (Maret – 15 April 2011)]

  1. Salam mas rizalzaf, saya sigit dan sedang mendaftar dikti fulbright master of science and technology. Saya ingin ada beberapa pertanyaan untuk menyempurnakan study objective saya. jika berkenan, boleh minta alamat email mas rizalzaf untuk berkomunikasi? terima kasih.

    1. Hi Sigit. salam kenal ya.
      saya sudah kirim email saya ke email yahoo kamu. Boleh banget kalau mau komunikasi. 🙂

      1.  Salam mas rizalzaf, ini nyambungnya ke alamat email mas rizal zaf bukan? saya mencari2 contoh2 study objective dan mostly mengatakan  ”saya akan menjadi lecturer dan researcher”. Nah berhubung saya mau berkarir sebagai engineer, dan takut untuk berbohong, apa tidak apa-apa mengatakan future goal kita menjadi professional di bidang kita? atau agar lebih mengatakan cinta negara bekerja di state owned industry? Atau sebaiknya untuk awal ini, karena hanya awal dan agar aman, bilang saja menjadi lecturer dan researcher? Boleh minta saran sebaiknya kata2 tujuan yang lebih bijak? Dan di study objective ini, apa boleh kita menyebutkan universitas target kita beserta alasan-alasan pendukungnya? Atau sebaiknya lebih general kelebihan di USA?  dan kalo berkenan, boleh tidak mas saya perlihatkan study objective saya dan minta masukan untuk menyempurnakan lagi? terima kasih mas..

        Best Regards,

        Sigit Wahyu Prabowo Metallurgical Engineering, ITB

        ________________________________

      2. Ini nyambung ke blog. kalo mau via email, kirim aja ke email saya.

        Di angkatan saya banyak juga kok yang engineer, mulai dari civil, earthquake, petroleum, aerospace, energy, electric, software. Ada juga yang bekerja di BUMN bahkan perusahaan swasta. Jadi ga masalah menurut saya kalo future goal nya menjadi professional di bidang. Yang penting gimana future goalnya emang sangat dibutuhkan oleh negara. Menurut saya gak harus bekerja di state owned, tapi apapun itu harus punya kontribusi signifikan ke negara.

        Kalau tentang saran ke study objective, mungkin lebih cocok kalau kontak yang punya background yg mirip. Kalau saya mungkin kurang begitu pas.

        Tidak harus menyebutkan universitas kok. tapi kalau mau spesifik juga lebih bagus daripada sekedar general.

      3. Salam mas rizal, 

        Maaf alamat email mas rizal apa ya? saya cari2 di email ga ada mas maaf. Nah saya sudah bertanya sama teman2 sejurusan mas. mostly mereka membetulkan grammar sama yang berhubungan dengan metalurgi. Nah berhubung mas adalh alumni fullbright, saya mau minta masukan lebih ke konten2nya di study objective saya apakah sudah sesuai atau belum. kira2 boleh ga mas? terima kasih   Best Regards,

        Sigit Wahyu Prabowo Metallurgical Engineering, ITB

        ________________________________

  2. mas, sy baru mhasiswa smester 4 d sbuah pts d semarang, kasih tips dong mas apa persiapan yg prlu sy lakukan krn sy punya minat tinggi utk dapet beasiswa ini, thx ya

  3. Halo mas Rizal,

    Terima kasih banyak sudah sharing mengenai Fullbright, sangat inspiratif. Saya berniat untuk apply juga tahun ini, dan kebetulan bidang kita sama, computer science. Saya akan sangat senang kalau kita bisa komunikasi lebih lanjut via e-mail.

    Ditunggu kabarnya ya. Thanks!

Leave a comment