Tips men-develop mobile app

Sekarang ini, pasar mobile application sangat besar, karena menjamurnya smartphone. Hal ini juga membuat developer berlomba-lomba menciptakan aplikasi-aplikasi yang berbasis mobile. Dengan banyaknya mobile app saat ini, tantangan untuk menjadi app yang diterima pengguna cukup besar. Tengoklah platform iOS yang harus bersaing dengan 300rb+ app, atau Android dengan 200rb+, ataupun Windows Phone dengan 100rb+ app. Tidak mudah untuk menjadi aplikasi pilihan pengguna.

Berikut ini tips agar mobile app buatan kita bisa diterima oleh pengguna berdasar pengalaman penulis.

  1. Saat pertama mulai dengan ide membuat aplikasi, coba matangkan ide nya terlebih dahulu.
  2. Mulailah mencari aplikasi yang punya tema sejenis dengan ide yang kita miliki. List aplikasi yang paling laris, paling banyak download nya dan paling bagus ratingnya.
  3. Bandingkan ide kita denga aplikasi2 yang sudah sukses tersebut. Apa istimewanya aplikasi kita dibanding aplikasi2 tersebut.
  4. Temukan kelebihan atau fitur khusus aplikasi kita yang tidak dipunyai oleh aplikasi2 tersebut. Salah satu cara dengan melihat review-review negatif tentang aplikasi tersebut.
  5. Matangkan fitur pembeda aplikasi kita
    Aplikasi tidah harus secara keseluruhan lebih bagus dari yg sudah ada. Tapi paling tidak punya satu atau dua fitur lebih dari yang lain.
  6. Mulai code, develop aplikasinya. Tidak harus semua ide kita jadi untuk bisa di rilis ke market. Tapi paling tidak ada satu atau dua fitur pembeda dari aplikasi lain
  7. Jangan lupa untuk menambahkan form feedback pada aplikasi kita
  8. Rilis versi 1 jika sudah siap
  9. Terus menerus dengar feedback dari pengguna dan tanggapi.
  10. Rilis secara berkala update, berdasarkan ide kita atau masukan dari pengguna.
    (Berdasar pengalaman, setelah update jumlah pendownload langsung naik saat diupdate)

Leave a comment